Beranda > Pendidikan > STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL REACT

STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL REACT

STUDI KOMPARATIF

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL REACT DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI FISIKA KELAS X SMA NEGERI 2 BUSUNGBIU

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

 

oleh

I Putu David Sastra

Jurusan Pendidikan Fisika

 

 

ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan (1) menguji ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Kontekstual REACT, dan Model Pembelajaran Langsung, (2) menguji ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Kontekstual REACT, dan Model Pembelajaran Langsung, dan (3) menguji ada tidaknya perbedaan kinerja ilmiah antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Kontekstual REACT, dan Model Pembelajaran Langsung.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Busungbiu tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa 126 orang. Sampel penelitian terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa 123 orang yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Data pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan MANOVA yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan gain skor rata-rata tiap kelompok perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Kontekstual REACT, dan Model Pembelajaran Langsung (F=15,094; p<0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Kontekstual REACT, dan Model Pembelajaran Langsung (F=16,582; p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan kinerja ilmiah yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Kontekstual REACT, dan Model Pembelajaran Langsung (F=13,693; p<0,05).

Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, model pembelajaran kontekstual REACT, pemahaman konsep, dan kinerja ilmiah.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: