Beranda > Budaya > Mengenal Arti Kesenian

Mengenal Arti Kesenian

Kesenian merupakan salah satu bentuk budaya yang dalam proses penciptaanya mengutamakan perasaan sebagai salah satu unsur budaya. Ini tidak berarti bahwa dalam kesenian tidak ada unsur lain, sepeti unsur pikiran atau cipta dan unsur etika atau karsa. Dilihat dari bentuk budaya, kesenian memiliki beberapa fungsi antara lain fungsi inspiratif dan edukatif, fungsi sakral dan fungsi rekreatif. Salah satu fungsi edukatif dari seni terdapat dalam pendidikan dan pengajaran seni di sekolah dasar dan menengah, yaitu utuk membina kreatifitas dan daya apresiasi anak.

Kesenian dikatakan memiliki fungsi rekreatif, karena karya seni dapat dinikmati keindahannya. Ketetgagan manusia karena kesibukan atau karena banyak pikiran dapat dihilangkan atau dikurangi melalui hiburan-hiburan. Karya seni memiliki fungsi inspiratif jika kesenian itu menjadi sumber ilham dari seiman dalam proses kreatifitasnya.

Pada dasarnya aktivitas seni menjadi bagian dari kepercayaan dalam kebudayaan yang masih sederhana dan bagian dari kegiatan ritual keagamaan. Berkesenian merupakan tugas kewajiban sakral yang karenanya karya seni itu memiliki fungsi sakral pula. Karena fungsi sakral itu maka seni yang berlandaskan kepercayaan dan agama mengenal petunjuk dan peraturan yang mengikat kebebasan seniman. Berdasarka peraturan dan petunjuk yang dianggap sakral itu, maka segala peraturan seni diapndang sakral pula agar tidak dilanggar dan dirubah. Inilah yang menyebabkan mengapa seni berdasrkan kepercayaan dan agama selau bersifat konvensional dan tradisional (Soedarsono; 1992).

  1. 14 September 2012 pukul 21:29

    bagus banget qw suka,buat pelajaran gitu loh

  2. 28 November 2013 pukul 13:02

    Woah this weblog is fantastic i like studying your articles. Keep up the good work! You realize, a lot of persons are looking around for this info, you could aid them greatly.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: