Beranda > Pendidikan > Penelitian Survei dalam Pendidikan

Penelitian Survei dalam Pendidikan

Survei merupakan pengamatan atau penyelidikan yang kritis untuk mendapatkan keterangan yang baik terhadap suatu persoalan tertentu di dalam daerah atau lokasi tertentu atau suatu studi ekstensif yang dipolakan untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan (Daniel, 2001). Penelitian survei merupakan kegiatan penelitian yang memiliki tiga tujuan penting diantaranya: 1) mendeskripsikan keadaan alami yang hidup saat itu, 2) mengidentifikasi secara terukur keadaan sekarang untuk dibandingkan  dan 3) menentukan hubungan sesuatu yang hidup di antara kejadian spesifik (Sukardi, 2003).

Penelitian dengan menggunakan survei juga merupakan metode baik guna mengukur sikap orientasi penduduk dalam populasi besar terhadap suatu kasus sosial. Dalam bidang pendidikan, pelaksanaan penelitian survei mungkin bervariasi dalam hal tingkat kompleksitasnya dari yang hanya menggunakan teknik analisis frekuensi sederhana sampai dengan penggunaan perhitungan analisis hubungan antar variabel kompleks. Survei juga bervariasi dalam hal cakupan penelitian. Penelitian itu bisa dilakukan dengan hanya menggunakan beberapa item pertanyaan tetapi mencakup wilayah penelitian sempit. Misalnya survei tentang letak sekolah dalam suatu kawasan. Penelitian survei juga dapat dibedakan atas lamanya waktu penyelenggaraan. Terdapat jenis survei yang dilaksanakan dalam waktu sesaat atau slice of time dengan cakupan luas dan tetapi ada pula yang dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama misalnya tiga tahun atau lebih (Sukardi, 2003). Waktu yang lama ataupun yang berjangka pendek serta yang lebih penting diperhatikan dalam penelitian survei adalah adanya kecenderungan para peneliti untuk menggunakan satu metode atau lebih teknik pengumpulan data seperti wawancara, dokumentasi, chek list, dan angket atau kuesioner dengan tidak melihat karakteristik yang ada baik itu penelitian dilakukan dalam skope yang luas atau sempit. Keempat teknik ini dianjurkan guna mendapatkan data yang akurat dan terstruktur.

Kegiatan penelitian survei dapat diidentifikasi sejak seorang peneliti melakukan persiapan perencanaan, menentukan strategi sampling yang hendak digunakan, mendiskusikan instrumen pengumpul data seperti angket dan wawancara, bagaimana menyampaikan instrumen tersebut kepada responden sebagai kelengkapan teknik survei, sampai akhirnya mengedentifikasi beberapa prosedur yang tepat agar dapat memproses dan menganalisis untuk memperoleh hasil penelitian. Terdapat minimal tiga persyaratan untuk melakukan penelitian survei. Ketiga persyaratan pendahuluan tersebut ialah: 1) perlunya tujuan penelitian yang tepat, 2) adanya populasi yang menjadi pusat kegiatan penelitian, dan 3) sumber pembiayaan yang mencukupi. Menurut Issac Michael  (dalam Sukardi, 2003) terdapat empat karakteristik yang penting yang perlu ada pada penelitian survei yaitu, 1) rencana penelitian yang dibuat secara sistematis, sehingga isi tepat dan pelaksanaan efisien mengacu kepada prinsip sistematis, 2) mendekati keadaan populasi yang ada dengan menerapkan prinsip representativeness atau keterwakilan, 3) meyakinkan data yang ada dapat dieksplorasi secara eksplisit dan objektif dan 4) data dapat diekspresikan secara kuantitatif. Adapun contoh dari penelitian survei ini adalah penelitian untuk mengetahui profil kemampuan guru fisika dalam merumuskan KTSP. Agar penelitian tersebut berhasil maka perlu kiranya peneliti mengetahui langkah-langkah umum dalam penelitian survei diantaranya mengembangkan dan membuat angket, pemilihan sampel dan mengumpulkan data dengan wawancara atau kuisioner.

Kategori:Pendidikan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: