Beranda > Sains > Magnet Permanen

Magnet Permanen

Batu magnet pertama kali ditemukan pada tahun 6500 SM didaerah Yunani di propinsi Magnesia. Batu ini memiliki sifat khas, yaitu dapat menarik besi. Thalles adalah orang pertama yang meneliti tentang batu magnet. Magnet pertama kali digunakan untuk kompas oleh bangsa Cina. Dalam perkembangannya magnet sekarang digunakan diberbagai alat dari yang sederhana sampai yang sangat canggih dan modern.

Magnet memiliki sifat yang khas yaitu dapat menarik logam besi dan benda lain yang mengandung logam besi. Oleh karenanya setiap benda yang bersifat dapat menarik benda lain maka benda itu tergolong magnet, atau benda itu memiliki sifat magnet. Daya tarik terkuat dari suatu magnet terjadi di kedua ujungnya (sebagai kutub utara dan kutub selatan). Bumi kita sesungguhnya merupakan bola magnet raksasa karena bumi bersifat magnetik dengan “kutub selatan magnet bumi” di kutub utara bumi dan “kutub utara magnet bumi” di kutub selatan bumi. Jadi kutub magnet bumi tidak berimpit dengan kutub bumi. Medan magnet bumi memiliki arah dari kutub selatan menuju ke kutub utaranya.

Magnet yang secara alami ditemukan di alam disebut magnet alam. Magnet alam terbatas ketersediaannya di alam. Oleh karena itu magnet dibuat dari bahan dasar seperti besi, baja, atau campuran logam (disebut magnet buatan). Magnet buatan digolongkan menjadi magnet keras dan magnet lunak.

Magnet keras terbuat dari baja, sulit dibuat namun sifat kemagnetannya kuat dan permanen.

Magnet permanen dibuat dari baja yang telah dikeraskan dengan memasukkannya ke dalam kumparan (lilitan) kawat listrik lalu dialiri dengan arus listrik searah (arus DC). Magnet harus dijaga dari pengaruh-pengaruh yang menyebabkan sifat kemagnetannya berkurang dan seterusnya menghilang. Pengaruh itu antara lain oleh panas dan cara penyimpanan. Magnet harus disimpan dengan cara tertentu atau bebas dari pengaruh benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet. Contohnya kaset dan kompas. Magnet lunak biasa terbuat dari besi lunak, mudah dibuat namun sifat kemagnetannya lemah dan sementara. Contohnya bel listrik dan alat untuk mengangkat besi

  1. mikyal adawiyah
    12 Februari 2013 pukul 18:23

    terima kasih atas informasinya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: