Beranda > Sains > Interaksi Elektrostatis antara Dua Muatan Listrik

Interaksi Elektrostatis antara Dua Muatan Listrik

Dalam Hukum Gravitasi Newton disebutkan bahwa gaya tarik-menarik antara dua benda sebanding dengan hasil kali kedua besaran yang menjadi ciri dari kedua benda tersebut. Ciri benda itu disebut dengan massa benda. Demikian pula halnya dengan gaya listrik antar partikel. Gaya listrik antar partikel terjadi akibat adanya besaran-basaran yang menjadi ciri dari kedua partikel tersebut. Besaran itu disebut muatan listrik. Muatan listrik disimbolkan dengan q. Pada Gaya listik ada dua gaya yaitu gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak. Itulah perbedaan antara gaya listrik dan gaya gravitasi Newton, dimana pada gaya gravitasi Newton tidak ada gaya tolak-menolak.

Cara terbaik untuk mempelajari gejala kelistrikan diawali dngan pengetahuan secara umum tentang partikel-partikel penyusun materi. Partikel terdiri atas molekul-molekul. Molekul senyawa tersusun atas atom-atom, dan atom adalah bagian terkecil dari unsur senyawa. Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif sehingga muatan total atom sama dengan nol. Dalam inti terdapat proton yang bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan (netral).

Pada saat batang kaca digosokkan dengan kain sutra, elektron-elektron dari batang kaca berpindah ke kain sutra sehingga batang kaca menjadi kekurangan elektron dan bermuatan positif. Pada saat penggaris plastik digosok dengan kain wol, elektron-elektron dari kain wol berpindah ke batang plastik, sehingga batang plastik menjadi kelebihan elektron dan bermuata negatif.

Kategori:Sains
  1. 27 Juli 2013 pukul 18:42

    thanks atas pemberitahuannya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: