Beranda > Ekonomi > Prospek Budidaya Lele Dumbo

Prospek Budidaya Lele Dumbo

Oleh: David Sastra

Tidak ada yang menyangsikan kandungan gizi ikan lele. Ikan yang memiliki nama latin Claria batratus ini diyakini memiliki banyak kandungan gizi yang sangat diperlukan dalam pengembangan tubuh sehat. Oleh karena itulah minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan lele kian meningkat. Fenomena ini tentu berimplikasi pada kegiatan pasar, artinya dengan keinginan tinggi dari masyarakat untuk mengonsumsi lele, maka peluang pasar ikan lele pun terbuka lebar.
Pasar lele tidak pernah surut. Permintaannya tetap tinggi, sedangkan pasokannya masih sangat rendah. Ini sangat wajar mengingat ikan lele selain kandungan gizinya tinggi juga menilai rasa yang tinggi. Memberi keuntungan yang cukup besar apabila bergelut pada usaha ini.
Mengacu pada prospek pasar, tampaknya bergelut di bidang ini memberikan jaminan. Namun, sebelum pada pada proses pasar, masih banyak hal yang harus dipikirkan dan dikerjakan, yaitu pembudidayaan.

Pembudidayaan merupakan pengembangan bibit-bibit ikan lele sebelum akhirnya dipasarkan dan dikonsumsi. Kegiatan pembudidayaan ikan lele sangat kompleks, seperti pembibitan, pemberian pakan, penanganan lele bermasalah, dan panen hingga akhirnya dipasarkan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: